Sejarah Freebase dan Salt Nikotin | FOOM Lab Global

Sejarah Freebase dan Salt Nikotin

Mayoritas vaper meskipun sudah lama terjun berkecimpung di dunia vaping banyak yg belum tau detail apa itu saltnic, termasuk saya. Jangankan saltnic, nikotin secara umum aja juga jarang yg paham. Taunya nikotin itu zat adiktif, sejenis alkaloid seperti kafein yg dalam dosis tertentu memang dibutuhkan tubuh dan jika dosisnya berlebihan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Dari semua penjelasan tentang nikotin di dalam vape, jarang secara eksplisit yg membahas proses pembentukan nikotin baik freebase maupun salt.

Ini sebenernya bukan fakta baru, hanya kita jarang fokus utk mempelajari ttg nikotin di dalam vape. Sedikit kontradiktif dgn tulisan saya sebelumnya, krn dari sumber dan referensi yg berbeda. Bahwa sebenernya nikotin yg terdapat dalam selembar daun tembakau, itulah salt nikotin sebenernya, pure nicotin. Kenapa dinamakan saltnic? Pada dasarnya, di dalam daun tembakau nikotin hadir dalam 2 proses yg berbeda, yaitu protonasi dan deprotonasi. Protonasi sendiri artinya menambahkan proton ke dalam atom, ion ataupun senyawa tertentu sehingga terjadi proses pembentukan senyawa baru yg bersifat asam. Ini kaitannya dgn proses pembentukan freebase dan salt nikotin.

Liquid Freebase

Nikotin di dalam tembakau itu dosisnya sangat tinggi, jika itu langsung dikonsumsi dikawatirkan asupan nikotin di dalam tubuh mjd overdose. Rokok klobot dan jenis cerutu tertentu mrpk contoh produk tembakau high nic. Krn imunitas tubuh tiap perokok dalam menerima zat nikotin berbeda, Philip Morris sbg korporasi pŕoduk rokok konvensional melakukan manipulasi nikotin di dalam tembakau dgn tujuan produk tembakaunya bisa dinikmati setiap konsumen. Unprotoned…..

Pada tahun 1960 an Philip Morris mjd pelopor penelitian produk tembakau agar bisa diterima semua kalangan perokok dan punya efek adiksi yg kuat. Proton di dalam nikotin dihilangkan dgn menambahkan senyawa amonia shg nikotin bersifat basa. Proses ini disebut deprotonasi, tujuannya meningkatkan bioavailabilty nikotin, daya serap dan kecepatan penyerapan nikotin mjd tinggi. Ada tapinya, utk dosis nikotin tinggi 18 – 24mg jenis nikotin ini menyisakan harsh di tenggorokan. Di dalam istilah urban vape, biasa disebut Throat hit.

Jenis nikotin ini umum disebut nikotin reguler atau freebase, jd jika ada yg nanya freebase nikotin di dalam vape itu asalnya darimana? Dari industri rokok tembakau, krn jenis ini disamping murah jg aksesnya mudah dijangkau krn penelitiannya udah ada puluhan tahun yg lalu. Jadi sebenernya nikotin di dalam sebatang rokok itu jenis freebase. Bentuk senyawa amonia yg digunakan sbg campuran adalah dari jenis ammonium salt, yg mnrt penelitian jenis ini paling aman digunakan sbg campuran. Senyawa amonia punya ciri khas bau amis2 ikan, coba aja dicium liquid freebase nikotin dosis tinggi 24mg, seperti ada aroma amis meskipun tipis.

Sekarang masuk pembahasan salt nikotin, jenis nikotin freebase ini dirubah lagi menjadi pure nikotin dgn menambahkan proton. Proses protonasi ini tujuannya menjadikan nikotin bersifat asam, pH nya rendah. Jadi meskipun dosis nikotin yg dikonsumsi tinggi, masih toleran di tenggorokan tanpa gangguan harsh spt pd nikotin jenis freebase. Masih dgn bioavailability yg tinggi tapi tanpa efek iritasi di tenggorokan. Permasalahan pengguna freebase dosis tinggi, krn tubuh mereka tidak bisa menerima efek harsh yg dihasilkan. Vaping jd ndak nyaman, kondisi ini disikapi dgn baik oleh PAX sbg produsen JUUL.

Sebenernya, proses alami tanaman tembakau sendiri sudah ada proses kimia protonasi. Ikatan nikotin dengan asam tertentu di dalam tanaman menghasilkan molekul yg jauh lebih stabil. Ketika ikatan itu terbentuk, hasilnya adalah salt nikotin. Berhubung nikotin adalah senyawa alkaloid yg sifatnya basa dan nilai pH nya masih terlalu tinggi pd suhu pemanasan 25 derajat celsius, diperlukan senyawa asam lain, salah satu tujuannya menurunkan kadar pH nikotin.

Pada tahun 2015, PAX sebagai produsen asli JUUL sebelum diakuisisi oleh Altria, mematenkan salt nikotin yg terdapat di dalam pod closed system yg mereka buat. Target market PAX adalah mereka yg tergolong perokok berat. Perokok yg susah beralih total ke vaping krn pemakaian freebase high nic yg menyisakan rasa sakit di tenggorkan. Melalui riset dan penelitian yg panjang, PAX menambahkan benzoid acid ke dalam nikotin, sehingga pH nya rendah. Meskipun dosis nikotin yg dikonsumsi tinggi masih nyaman di tenggorokan.

Inovasi ini disambut baik para perokok, faktanya byk yg beralih ke JUUL dan totalitas stop smoking. Produk ini memang dibuat by research bukan produsen follower yg memanfaatkan momentum hype. Harga sebuah inovasi baru itu mahal, supply salt nikotin asli juga masih terbatas di dunia ini, disamping proses protonasi penambahan zat baru di dalam nikotin.. wajar ndak sih jika salt nikotin asli harganya mahal? Walaupun bastard JUUL sekarang ini bermuka dua, harus diakui merekalah pelopor awal inovasi jenis nikotin baru. Saat ini sudah ada berberapa jenis salt nikotin, tergantung dari asam yang terlibat dalam seluruh proses (sitrat, malat, laktat, dsb).

Kesimpulannya, semua jenis nikotin utk keperluan vape itu ada zat atau senyawa campuran. Semua dibentuk dgn tujuan masing2, tinggal skrg kita sbg konsumen mau pilih yg mana. Sejak awal saya tekankan, vaping itu tidak 100% aman, tp masih lbh baik dibandingkan konsumsi rokok konvensional.

Cek selengkapnya di sini yuk 081574309200

the importance of social proof

Net Orders Checkout

Item Price Qty Total
Subtotal 0
Shipping
Total

Shipping Address

Shipping Methods